Strategic Management Sebuah Perusahaan

Untuk memulai bisnis tentunya harus mempunyai Visi dan Misi Bisnis

Perusahaan kecil serupa dengan perusahaan besar, sebaiknya juga mempunyai visi dan misi, Visi dan Misi adalah tujuan unik sebuah perusahaan yang membedakan perusahaan tersebut dengan perusahaan lainnya. Visi merupakan pernyataan atau rumusan umum yang luas yang bersifat tahan lama tentang keinginan atau tujuan perusahaan.Visi ini mengandung filosofi sebuah perusahaan untuk mengambil keputusan strategi perusahaan, menyiratkan citra sebuah perusahaan, mencerminkan konsep perusahaan, dan mengidentifikasikan sebuah produk (Barang,Jasa,Gagasan).
Analisis Lingkungan Eksternal
Analisi Lingkungan eksternal akan menghasilkan peluang dan ancaman perusahaan. Lingkungan ekternal perusahaan terdiri dari tiga perangkat faktor yaitu Lingkungan jauh, Lingkungan industri, dan Lingkungan operasional.
-Lingkungan jauh terdiri dari faktor-faktor dari luar, biasanya tidak berkaitan dengan situasi operasi perusahaan tertentu, yaitu faktor ekonomi, sosial budaya, tekhnologi, demografi, politik, hukum, dan ekologi.
-Lingkungan industri terdiri dari persaingan di antara anggota industri, hambaran massuk, produk substitusi, daya tawar pembeli dan daya tawar pemasok.
-Lingkungan operasional meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi situasi persaingan perusahaan, Ketiga faktor tersebut memmunculkan peluang dan ancaman dalam memasarkan produk secara menguntungkan.
Analisis Lingkungan Internal
Analisis Lingkungan Internal akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan kelemahan dan kelemahan pemasaran dapat dilihat dari reputasi perusahaan, pangsa pasar, kualitas produk, kualitas pelayanan, efektivas penetapan harga, efektivas distribusi, efektivas promosi, kekuatan penjualan, efektivas inovasi, dan cakupan geografis.
kekuatan dan sumberdaya manusia dapat di tunjukkan dari manajement sumber daya menusia, keterampilan, dan moral karyawan, kemampuan dan perhatian menajement puncak, produktivitas karyawan, ketaatan hukum karyawan, efektivas imbalan, dalam memotivasi karyawan dan pengalaman karyawan. Keunggulan operasi terdiri dari fasilitas perusahaan, skala ekonomi, kapasitasi produksi, kemampuan berproduksi tepat waktu, keahlian dalam berproduksi, biaya bahan baku dan ketersediaan pemasok.
Perumusan Sasaran
Sasaran menjelaskan tujuan yang spesifik dalam jjumlah dan waktu. Sedikit sekali perusahaan yang memiliki satu sasaran saja, sebagian besar perusahaan memiliki bauran sasaran yang mencakup laba, pertumbuhan, penjualan, peningkatan pangsa pasar, pembatasan resiko, inovasi reputasi dan sebagainya, perusahaan menentukan sasarannya dan melakukan pengelolan atas usahanya sesuai sasaran tersebut.
Dilema penting lainnya mencakup antara laba jangka pendek dan pertumbuhan jangka panjang, penetrasi pasar yang sudah ada dan pengembangan pasar baru pertumbuhan tinggi vs rendah, Setiap perusahaan memiliki pilihan dalam kelompok dilema sasaran ini memerlukan strategi pemasaran yang berbeda-beda