Cara Membuat Periklanan Outdoor Dan Perancangannya

1.1 Sejarah Periklalan Outdoor

            Ketika Jones Gutenberg menciptakan pencetak huruf yang dapat bergerak pada tahun 1450,periklanan moderen mulai diperkenalkan melalui surat selebarab atau surat edaran. Pada tahun 1796, ketika proses litografis (cetak dari batu/loagam yang ditulis atau di digambari)telah mencapai kesempurnaannya poster bergambar yang pertama dibuat pada saat itu digunakan untuk menyampaikan pesan dalam periode waktu yang tetap dan di daerah yang memiliki lalulintas padat. 
           New York merupakan kota pertama yang memasang poster outdoor besar yang basarnya lebih dari 50 kaki persegi. Adapun kantor yang pertama mencetak poster pada tahun 1835 yaitu Jared Bell, periklanan outdoo pertmana kali digunakan di atas jalan kereta api. Pada tahun 1990-an periklanan billbord mulai booming dimana pengiklanan-pengiklanan besar mulai memproduksi billbord secara masal untuk pasar tradisional,mulai dari pasta gigi,rumah makan,makanan ringan,hingga minuman sereal menggunakan iklan dengan menampilkan foto yang besar.

1.2 Jenis-Jenis Periklanan Outdoor

              Menurut Outdoor Advertising Assocation of Amerika (OAAA), iklan outdoor dikelompokkan menjadi empat kategori yaitu: Billboard,Street furniture,Transit,Alternatif Media.

1.2.1 Billbord 
             Billbord merupakan periklanan yang paling utama yang biasanya terpampang dijalan raya lalu lintas yang ramai, yang bertujuan untuk memperkenalkan nama merek suatu produk. Iklan pada billbord sekarang ini banyak dibuat menggunakan teknologi komputet atau digital. Bahan yang digunakan untuk mencetak iklan dengan teknologi digital biasanya tahan dari air dan juga panas yang sering disebut vinil. Billbord meliputi bulletin,wall mural,vinyl/wripped poster,30-sheet poster dan 8-sheet poster.

Gambar iklan billoar bentuk bulletin


1.2.2 Street Furniture
               Iklan street furniture adalah iklan yang dipasang dijalan yang meliputi sebuah tempat yaitu,bus shalter. urban furniturer, kioks, convenience storedi dan shopping mall,stasiun bus,stasiun kereta api maupun dibandar udara.




1.2.3 Transit
                 Periklanan outdoor lainnya adalah transit. Iklan transit ini dapat berupa iklan di bus, monbil, taksi, kereta api, subway, truk bandara yang dililitkan pada kendaraan.



1.2.4 Alternati Media
                       priklanan outdoor dapat pula berupa alternatif media, misalnya tulisan udara, arena dan stadion, kapal laut, kampus, resort dan leisure, interior place-based, exterior place-based, digital media dan gedung bioskop. Iklan tulisan udara dilakukan oleh United State Army dalam rangka melakuka rekrment. Iklan alternatif media IM Clear berbentuk Interior Place Based,yaiti iklan pada gantungan pintu..



1.3 Strategi Merancang Iklan Outdoor

                Strategi merancang iklan outdoor adalah bercerita secara visual. Ekspresi sebuah ide dapat mengejutkan orang-orang yang melihat iklan,baik itu mengejutkan dengan kata ataupun mengasyikkan dangan menggunakan gambar atau foto. Stategi merancang iklan outdoor merupakan strategi komunikasi yang sangat menantang membutuhkan ekspresi dari sebuah konsep yang sangat jelas dan jermat. Untuk mendapatkan konsep yang jelas dan cermat tersebut dapat digunakan langkah-langkah stategis sabagai berikut:
  • Strategi menetapkan audiens sasaran
  • Strategi menetapkan sasaran dan anggaran iklan outdoor
  • Strategi mencari keunggulan produk yang diinginkan 
  • Strategi kreatif merancang iklan outdoor
  • Strategi merancang dayatarik pesan iklan outdoor
  • Strategi merancang gaya dalam mengeksekusi pesan iklan outdoor
  • Strategi merancang warna kata,logo,simbol dan format dalam iklan outdoor.